Sabtu, 19 Februari 2011

Indonesia Optimis Menang Di Olimpiade Robot Dunia

KOMPETISI ROBOT : Seorang pria memperhatikan kemampuan salah satu robot mikrobot memainkan rubik (kubus ajaib) pada ajang pameran dan kompetisi robot, Olimpiade Robot Indonesia (Indonesian Robotic Olympiad/IRO) 2009, di Senayan City, Jakarta, Kamis (30/7). Ajang kompetisi tingkat nasional untuk mencari wakil Indonesia pada Wolrd Robot Olympiad 2009 itu diikuti 276 peserta dari delapan kota di Indonesia, dan akan diselenggarakan hingga Minggu (9/8) mendatang. [ FOTO ANTARA/Ismar Patrizki/ED/pd/09. ]

Jakarta ( Berita ) : Penyelenggara Olimpiade Robot Indonesia, Mikrobot, merasa optimis tim robot Indonesia dapat meraih juara pada Olimpiade Robot Dunia (WRO/World Robotic Olympiad) ke-enam di Gyeongsangbukdo Pohang, Korea Utara, November.

“Tahun ini optimis bisa meraih juara di WRO 2009 di Korea,” kata Direktur Pelaksana Mikrobot Bambang Rusli pada jumpa pers di Jakarta, Kamis [30/07], tentang penyelenggaraan Olimpiade Robot Indonesia 2009.

Bambang merasa optimis karena pada Olimpiade Robot Indonesia yang diselenggarakan di Senayan City, 8-9 Agustus tersebut telah menggunakan standarD penilaian lomba WRO. “Sehingga tim robot Indonesia akan lebih siap untuk menghadapi WRO nantinya,” katanya. Peluang terbesar bagi tim robot Indonesia ada pada dua kategori yaitu “elementary” (TK) dan junior (SD).

Sementara prestasi tertinggi dari tim robot Indonesia yaitu pada WRO 2007 di Taipei, Taiwan, melalui robot Rubik Solver yang meraih penghargaan Golden Award untuk robot yang bisa menyelesaikan permainan “rubic cube” dalam waktu satu menit pada ajang olimpiade. Sedangkan pada WRO 2008 di Yokohama, Jepang, Bambang menjelaskan tim robot Indonesia berhasil meraih posisi 20 besar.

Untuk WRO 2009, tim robot Indonesia akan terdiri atas tiga tim yang merupakan pemenang juara pertama Olimpiade Robot Indonesia 2009 dari setiap kategori, yaitu elementary (TK), junior (SD) dan senior (SMA).

Bambang mengatakan Olimpiade Robot Indonesia 2009 yang digelar untuk ke-enam kalinya tersebut akan diikuti oleh 276 peserta. Jumlah itu dua kali dibanding tahun sebelumnya.

Para peserta akan berkompetisi dalam mengadu kreatifitas rancangannya. Penilaian didasarkan pada kreatifitas, kecepatan, dan ketepatan robot dalam melalui tantangan yang diberikan.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms