Jumat, 11 Maret 2011

Dihajar Tsunami, Jepang Porak Poranda

Bahkan, sebuah kapal besar masuk ke tengah kota Kesennuma City di wilayah Miyagi.

VIVAnews - Gempa berkekuatan 8,8 Skala Richter yang mengguncang pesisir timur laut Jepang di Kepulauan Honshu, memicu gelombang dahsyat tsunami setinggi empat hingga 10 meter. Televisi-televisi Jepang menggambarkan betapa luar biasanya kekuatan tsunami yang menghantam Negeri Sakura sekitar pukul 14.46 waktu setempat.

Seperti dilansir Los Angeles Times, 11 Maret 2011, kepulan asap terlihat di mana-mana ketika tsunami setinggi empat meter menghantam Sendai, di Kepulauan Honshu.

Di beberapa lokasi, televisi Jepang memperlihatkan gelombang tsunami menggulung benda-benda berat di sekitarnya seperti mobil, truk, speed boat, dan kapal. Bahkan, gedung-gedung juga ambrol dihantamnya.

Sebuah kapal berukuran besar bahkan masuk ke tengah Kota Kesennuma di wilayah Miyagi, diserek ombak yang mahakuat. Kapal itu memecah ombak di tengah kota. Saat kapal besar itu melaju di tengah kota, air menghantam mana-mana dan menyapu jembatan-jembatan.

Asap hitam mengepul di berbagai titik. Para pekerja kantoran bergegas menyelamatkan diri keluar dari gedung.

Kereta-kereta bawah tanah dihentikan. Semua jalur kereta dari dan menuju Tokyo juga tidak dioperasikan. Bandara internasional Narita juga ditutup.

"Kereta yang kami tumpangi bergerak maju-mundur," kata Anthony Weiss, salah seorang warga Amerika di Jepang. Orang-orang di dalam kereta menutupi kepala mereka dari debu yang berjatuhan.

"Ini sangat menakutkan," kata Weiss dalam surat elektroniknya. "Gempa susulan masih terus berlangsung sampai sekarang." (kd)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms